twitter



BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Seiring dengan berlalunya zaman, teknologi dan media telekomunikasi telah berkembang sangat pesat. Mulai dari internet, antenna bola, smartpone, tablet, dan alat canggih lainya. Di era globalisasi sekerang ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking secara global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. karena internet merupakan jaringan komputer dalam skala internasional.
Penggunaan internet yang kian meluas di Indonesiatentu merupakan berita baik namun dibalik itu dampak negatifpun juga mengancam sehingga untuk itu para orang tua perluuntuk menanamkan beberapa pemahaman kepada anak sisipositif dan negatif dari internet.  Beberapa  orang tuabahkan ada yang melarang penggunaan internet oleh anakmereka.

Sebagai rasa wujud syukur kita terhadap Allah SWT, adalah dengan cara menggunakan internet sebaik-baiknya,karena memang tidak dipungkiri lagi dengan adanya internet bisa memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi tentang dunia sekitar yang dibutuhkan dan berguna. Namun tidak disangkal pula internet juga mempunyai dampak negative yang sangat besar dan bahkan bisa meracuni pola pikir kita,terutama dikalangan anak-anak. Beberapa diantaranya yaitu dengan membuka situs-situs porno, chating yang tak kenal batas dan waktu,menjalin cinta lewat facebook dan lain sebaginya. Oleh karena itu kecemasan orangtuaketika membiarkan anak – anaknya menggunakan internettidak bisa dihilangkan dikarenakan internet bersifat sangatterbuka dan belum tentu anak – anak mendapat hal – halpositif dari internet.

B.       Rumusan Masalah

·         Apa dampak positif dan negative internet ?
·          Bagaimana cara agar kita cerdas dalam memanfaatkan internet?




C.      Tujuan Penulisakan ilmiah
1.    Menambah pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya termasuk bagi para remaja.
2.    Menambah pengetahuan tentang dampak positip dan negatip internet bagi remaja.
3.    Menambah pengetahuan Apa yang harus dilakukan remaja agar agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negative.
D.      Manfaat Penelitian
            agar dapat membantu para orang tua dalam menjaga anaknya karena disinilah peran aktif orang tua, yaitumemperkuat filter pada diri anak. Keimanan pada Allah swt, menjadi filter utama,  namun  penanaman  nilai-nilai luhur pada  diri  anak  luga  sangat diperlukan. Penanaman nilaimoralitas harus telah menjadi kebiasaan sehingga tertanamdengan baik pada diri anak.
  
BAB II
LANDASANTEORI

a)      Internet

Pengertian Internet, internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.

Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna.
b)      Dampak Positif
Di mana-mana Anda melihat saat ini akan ada sebuah artikel atau berita tentang kerugian dari remaja menggunakan Internet: dari bencana jejaring sosial, mereka menjadi scammed keluar dari (atau 'orang tua mereka) uang mereka. Namun, sangat sedikit orang telah meluangkan waktu untuk melihat efek positif dari remaja berselancar di Internet, dan ini adalah rasa malu yang besar.
Salah satu poin positif utama tentang remaja menggunakan internet adalah kekayaan pengetahuan yang tersedia bagi mereka, yang orang-orang dari generasi masa lalu tidak memiliki akses. Website yang bersifat mendidik, atau memberikan informasi tentang banyak topik, seperti Wikipedia, telah maju dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir dan remaja membentuk sebagian besar dari itu. Mereka membutuhkan bantuan pada topik untuk kursus mereka, atau yang hanya umumnya tertarik membaca tentang topik tertentu benar-benar akan menuai keuntungan dari era teknologi ini.
Tidak hanya terdapat jutaan halaman yang didedikasikan untuk menyediakan informasi pendidikan untuk remaja, tetapi juga bantuan pribadi dan informasi juga. Tumbuh adalah proses yang sangat sulit dan banyak remaja dapat merasa sendirian dalam situasi tertentu, seperti hubungan atau masalah keluarga. Manfaat besar dari mereka surfing di net adalah bahwa mereka dapat menemukan bantuan dan nasihat tentang masalah mereka merasa terlalu malu untuk membicarakan dengan keluarga atau teman sebaya. Hal ini, pada gilirannya, mengurangi kekhawatiran dari remaja, memastikan bahwa mereka tampil lebih baik dalam studi sekolah dan kehidupan sosial.
c)      Dampak Negatif

Ada beberapa dampak negatif internet :

1.      Kecanduan Pornografi

Sisi negatif dari internet adalah mudahnya kita mengakses hal-hal negatif seperti gambar-gambar yang kurang pantas untuk di tonton. Tentu hal ini akan sangat berdampak negatif bagi pengguna internet jika yang mengakses adalah orang yang belum mempunyai benteng iman yang kuat apalagi anak-anak.

2.      Pelecehan Sexsual

Pelecehan sexual bisa saja terjadi di internet. Pelecehan tersebut bisa dengan kata-kata yang melecehkan atau bisa dengan mengunggah gambar yang tak pantas tanpa ijin si pemilik kemudian menyebarkan bebas di internet. Saat ini hal seperti ini mudah sekali terjadi apalagi di jejaring sosial.

3.      Kecanduan Game oline

Hal yang tak kalah lainnya adalah kecanduan game online, Game onine bagi sebagian orang memang sangat menghibur, tetapi jika porsinya berlebihan maka kita bisa menjadi pecandu game online yang selalu menatap monitor komputer setiap saat.
  
BAB III
METODE PENELITIAN
·         Metode Sampel : Ada 125 tanggapan peserta yang terdiri dari para pengguna internet di seluruh dunia antara usia 12 dan 20 tahun. Penelitian ini dilakukan melalui survei yang tersedia di World Wide Web di Internet, di <http://hx.apollonet.net/survey/> alamat. Sebuah link ke survei ditempatkan pada sebuah situs web yang sering dikunjungi. Sekitar 149 tanggapan yang diterima selama periode pengumpulan, 24 dari 149 yang diterima dibuang karena informasi yang tidak lengkap mengakibatkan 125 menyelesaikan survei yang digunakan untuk evaluasi. Survei menanyakan pertanyaan mengenai penggunaan internet subyek 'dan bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan pribadinya. Karena survei dilakukan secara online, semua entri yang oleh pengguna internet saja.
Prosedur:
1.      Buat survei pencipta (Hypertext Markup Language) HTML. Jawaban harus dalam garis
besar fungsi bentuk (pop-up menu, tombol radio, daftar pilihan). Nama file "survey.shtml".
2.      Buat barangkali peringatan halaman web penampil sensitif terhadap bahan yang terkandung dalam survei, membuat link ke survey (survey.shtml), sehingga pemirsa dapat mengikutinya survei. Anda mungkin ingin link untuk menjelaskan bahwa Anda tidak bertanggung jawab jika material merugikan mereka. Nama halaman peringatan, "index.html" (file yang bernama "index.html" adalah halaman web yang secara otomatis dimuat sebagai halaman default ketika seseorang mengunjungi sebuah website).
3.      Cari server berbasis UNIX untuk melayani halaman web survei.
4.      Upload halaman web peringatan dan survei ke server UNIX di folder situs web Anda menggunakan FTP (file transfer protocol) klien.
5.      Download "TECform" CGI script, tersedia di <http://www.xs4all.nl/~rmeijer/tecform.htm>, kemudian meng-upload ke server UNIX Anda. Program ini memungkinkan hasil yang akan E-mail kepada Anda.
6.      Membuat permintaan untuk administrator server UNIX Anda untuk men-setup script CGI TECform untuk Anda. Jika hal ini tidak dapat dilakukan, ikuti petunjuk yang datang dengan script dan mengkonfigurasi pada Anda sendiri.
7.      Mengkonfigurasi halaman web kuesioner dengan menggunakan petunjuk yang datang dengan script TECform sehingga halaman web dan program dapat berinteraksi sehingga hasilnya bisa E-mail kepada Anda.
8.      Menginformasikan teman sekelas yang menggunakan Internet, dan pengguna internet di seluruh dunia (via chatting internet, newsgroup, dan setiap bentuk lain dari iklan) dari lokasi survei online dan meminta agar mereka menyelesaikan dan mengirimkannya.
HASIL
Usia subyek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah di pertengahan-remaja. 98,5% dari responden adalah laki-laki dan 1,5% adalah perempuan. Sebagian besar subjek usia 16 (20%), hanya 1,6% dari responden usia 12. 89,6% dari subyek saat ini berada di Amerika Serikat (termasuk daerah eksternal itu), ada juga jumlah sedikit pelajaran Kanada (7,10%) dan subjek yang tidak relevan masing-masing dari negara-negara berikut: Jepang, Finlandia, Swedia, dan Brasil.

Subyek 'GPAs unweighted (Tabel 1.2) menunjukkan konsistensi dengan statistik nasional, rata-rata dari mata pelajaran' GPAs adalah A, B dan C, sebagian besar memiliki rata-rata B. Dari 125 tanggapan, 0% dari responden memiliki IPK gagal (yang dibulatkan menjadi Ø dalam kesepuluh terdekat). Jumlah responden dengan nilai A + dan D yang hampir sama, 5,5% dari responden memiliki rata-rata A +, 4,8% dari responden memiliki rata-rata D.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa kecepatan koneksi meningkat (menunggu waktu untuk website menurun), waktu aktual yang dihabiskan online per hari meningkat (Tabel 2.1). Rata-rata 5,33 jam dihabiskan secara online setiap hari oleh responden (Tabel 2.1). Waktu yang dihabiskan online berkisar dari yang rendah dari 4 jam sampai yang tertinggi 6,55 jam per hari.

Menariknya, kutub GPAs subyek 'dipamerkan dalam jumlah yang cukup berlebihan waktu di Internet, sekitar 7,7 jam per hari (Tabel 2.2). Mereka dengan nilai A + menghabiskan sekitar 6,72 jam online per hari masing-masing. Mereka dengan skor IPK C menghabiskan sekitar 6.31 jam online per hari. Subyek dengan nilai D menghabiskan sekitar 8,67 jam online per hari, bersama-sama jam nilai-nilai C dan D 'rata-rata sekitar 7,5 jam per hari. Sekali lagi, tidak ada tanggapan dengan IPK gagal.

Seperti Tabel 2.3 menjelaskan, sekitar 38% dari subyek menjawab bahwa mereka negatif dipengaruhi oleh penggunaan internet mereka, 62% menjawab bahwa mereka tidak berpengaruh negatif. Meskipun, apakah mereka mengatakan mereka dilakukan negatif atau tidak, konteks subyek 'penggunaan sangat mirip. Dua bidang penggunaan yang paling berbeda adalah chat dan web surfing. 36% dari mereka yang menjawab "ya" dan 29% dari mereka yang menjawab "tidak" kata mereka menghabiskan sebagian besar waktu online mereka di chat. 28% dari mereka yang menjawab "ya" dan 33% dari mereka yang menjawab "tidak" kata mereka menghabiskan sebagian besar waktu online mereka surfing situs Web. Para responden yang mengira mereka dipengaruhi negatif adalah orang-orang yang mengobrol 6% lebih sering dan berselancar web 7% lebih sedikit.




BAB IV

PENUTUP

·         KESIMPULAN
Satu kecepatan koneksi yang lebih tinggi memiliki ke Internet, semakin banyak yang bisa mereka lakukan pada satu waktu. Salah satu koneksi tercepat, 10 Megabyte per detik (bersama T3) koneksi sangat mahal (sekitar $ 25.000 / bulan) dan paling masuk akal, subjek dengan akses ke T3 akan menjadi bagian dari lembaga pendidikan di mana sekolah akan membayar untuk akses Internet. Gambar 1.1 menggambarkan bahwa orang-orang dengan koneksi kecepatan tinggi menggunakan Internet untuk waktu yang cukup lama. Ini adalah kemungkinan bahwa mereka yang mendapatkan 'rush' dengan menggunakan internet dapat dibuat untuk berinvestasi dalam koneksi kecepatan yang lebih tinggi.

Gambar 1.2 menggambarkan bahwa mereka yang membuat media internet menghabiskan waktu online paling per hari dan mereka yang membaca newsgroup menghabiskan sedikit waktu online per hari. Pengguna internet yang membuat media internet kemungkinan besar menghabiskan waktu online penuh mereka melakukannya, dibandingkan dengan orang lain yang menggunakan beberapa daerah Internet dalam sesi mereka. Subjek yang terutama chatting online juga menghabiskan banyak waktu online (5,5 jam / hari). Ini punggung atas hipotesis yang menempatkan sebagainya yang chatting internet instigates kebiasaan.

Seperti Gambar 1.3 menyampaikan, sebagian besar dari mereka yang membuat media internet (seperti website dan iklan) tidak berpikir bahwa penggunaan internet mereka mempengaruhi kesehatan mereka negatif, itu adalah suara untuk mengumpulkan bahwa mereka tidak percaya hal itu mempengaruhi mereka secara negatif karena mereka dapat mempertimbangkan mereka digunakan sebagai bagian dari pekerjaan mereka. Gambar 1.3 juga menunjukkan bahwa mereka yang berpikir mereka dipengaruhi negatif oleh Internet umumnya chatting lebih sering daripada mereka yang menelusuri World Wide Web. Hal ini dapat diasumsikan bahwa mereka yang berlebihan chatting percaya bahwa penggunaan internet mereka mempengaruhi kehidupan mereka dengan cara yang negatif. Dengan demikian, hipotesis peneliti benar. Ini mencolok, pertumbuhan eksponensial Internet pertama dimulai dengan popularitas America Online dan itu chat room. Internet tidak dianggap untuk digunakan sosial untuk chatting sebanyak seperti saat ini.

Sebagian besar mata pelajaran tidak berpikir penggunaan internet mereka memiliki efek negatif pada kebiasaan sosial mereka atau emosional-makhluk (Gambar 1.4).Ini adalah khas, mengindahkan bahwa setiap jenis kecanduan dipandang sebagai kelainan antara peradaban. Namun, ada kelompok tertentu yang percaya itu tidak mempengaruhi mereka secara negatif. Jika remaja melanjutkan dengan kebiasaan bersih dan keadaan saat ini, gangguan besar dapat mengembangkan selama bertahun-tahun berikutnya.

Studi ini memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang penggunaan berlebihan dari Internet di kalangan masyarakat muncul orang dewasa. Ini menunjukkan berbagai komponen dari internet yang mayoritas remaja pecandu bertanggung jawab untuk terobsesi pada. Terlalu sering menggunakan Internet benar-benar dapat menahan pengalaman remaja 'dalam kehidupan, kinerja mereka secara akademis, kebahagiaan secara keseluruhan, dan fisiologis kesejahteraan. 'Kecanduan' Istilah ini digunakan longgar dalam penelitian ini, menahan, persepsi masyarakat terhadap masalah ini berkembang dapat menjadi fleksibel tergantung pada bagaimana varietas orang melihat definisi kecanduan. Kamus WordNet mendefinisikan kecanduan sebagai, "yang abnormal tergantung pada sesuatu yang secara psikologis atau fisik membentuk kebiasaan." Salah satu peneliti telah disebut studi tentang kecanduan internet sebagai "teknologi Psycho." Internet pasti dapat psikologis membentuk kebiasaan, menjadi bagian dari praktek sehari-hari seseorang.
Untuk meningkatkan studi ini, peneliti akan membatasi usia subyek bahkan lebih ramping, mungkin untuk usia 16-18. Juga, peneliti akan didefinisikan ulang pertanyaan-pertanyaan tertentu pada survei untuk pemahaman lebih layak antara subyek, khususnya yang terakhir yang menyatakan, "Apakah penggunaan internet Anda mempengaruhi kesehatan Anda sosial atau mental dengan cara yang negatif?" Sebuah pertanyaan yang lebih tepat bisa saja, "Apakah Anda percaya penggunaan internet Anda mungkin menghalangi pencapaian tujuan pribadi Anda?" Kemudian terpisah menindaklanjuti, "Jika demikian, apakah Anda berpikir menggunakan internet bernilai lebih dari mencapai tujuan Anda?" Peneliti menduga hasil mengenai penggunaan sehari-hari mungkin telah bias karena link survei ditempatkan pada sebuah situs web yang bisa dikategorikan sebagai diarahkan kepada pengguna lebih maju daripada dasar atau menengah. Hal ini, bagaimanapun, tidak dapat dikonfirmasi, hasilnya berdiri rasional. Terakhir, peneliti menyarankan termasuk bidang komentar pribadi dalam survei, kutipan dari pengguna intens dilakukan akan menjadi tambahan yang baik untuk penelitian.


DAFTAR PUSTAKA
·   http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://jbenjamin.org/research99/report.html
·  http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.paperwritings.com/free-examples/persuasive-speech-on-the-positive-effects-of-teenagers-surfing-the-net.html&ei=RqkAUdXjKYzqrQfS9YDwCQ
·         http://www.idbagus.com/2012/12/pengaruh-dan-dampak-negatif-internet.html





1 komentar:

  1. Gambar dan tabel bisa dilihat dimana

Poskan Komentar