twitter




Bahasa merupakan komunikasi dasar bagi setiap orang yang ingin saling berintraksi, baik secara lisan maupun tulisan. Begitu dekatnya kita kepada bahasa, terutama bahasa Indonesia, sehingga tidak dirasa perlu untuk mendalami dan mempelajari bahasa Indonesia secara lebih jauh. Akibatnya, sebagai pemakai bahasa, orang Indonesia tidak terampil menggunakan bahasa. Suatu kelemahan yang tidak disadari. Komunikasi lisan atau nonstandar yang sangat praktis menyebabkan kita tidak teliti berbahasa. Akibatnya, kita mengalami kesulitan pada saat akan menggunakan bahasa tulis atau bahasa yang lebih standar dan teratur. Tidak hanya pada kesulitan tersebut terakdang kita juga tidak menggunkan bahasa Indonesia sesuai rannah pemakainanya, seperti berbahasa dalam forum formal, berbahasa dengan orang tua, ataupun berbahasa dengan teman.
Bahasa Inonesia yang baik adalah bahasa indonesia yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku. Misalnya dalam situasi santai dan akrab, seperti di restoran, pasar, tempat arisan, dan di lapangan sepak bola hendaklah digunakan bahasa indonesia yang santai dan akrab yang tidak terlalu terkait oleh kaidah penggunaan bahasa. Jika dalam situasi formal, seperti dalam kuliah, seminar dan dalam rapat, sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi dan formal serta sesuai dengan norma dalam berbahasa.
Contoh :
Apakah kamu sedang mengerjakan tugas rumah saat ini ?
Apa yang anda kerjakan selama satu bulan ini ?

Contoh ketika dalam dialog antara seorang Orangtua dengan anaknya.
Orangtua : Doni! Apa yang sedang kamu lakukan ?
Gerald : Saya sedang  bermain game. Ada apa, bu ?
Orangtua : ayo kamu harus makan siang dulu ?
Gerald : Ya, sebentar bu. Saya akank k makan setelah selesai bermain game, bu.

Peran Orang Tua dan Guru sangalah penting untuk menganajrkan betapa pentingya berbahasa yang baik dan sesuai dengan ranah lingkunganya  agar dikemudian hari kita tidak salah dalam menggunakan bahasa tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar