Sebelum
kita memulai lebih jauh mari kita cari tau dulu apa itu "permintaan"
1. Permintaan
Permintaan
itu ialah kesanggupan pembeli untuk membeli kebutuhan hidupnya baik dalam
bentuk barang maupun jasa. Dan mau tidak mua kebutuhan sehari-hari tersebut
harus terpenuhi baik itu dalam kebutuhan primer ataupun skundenya. dan
apabila kita melihat hukum permintaan yang di kemukakan oleh Alfred Marshall
bahwa :
“ jika
harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang akan diminta akan berkurang.
Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta kan
bertambah. “
dari
keterangan tersebutpun kita sudah bisa melihat dalam kehidupan
sehari-sehari masyarakat kita,dimana ketika suatu toko swalayan
mengadakan diskon habis-habisan maka orang-oarang akan berbondong-bondong untuk
berbelanja.
Selain
itu juga faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya:
· Pendapatan
konsumen
Apabila
pendapatan seseorang naik maka orang tersebut cendrung akan lebih banyak
mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhanya,dan begitu pula sebaliknya.
· Harga
barang substitusi dan komplementer
Perubahan
harga barang akan tetapi barang tersebut memiliki fungsi yang sama contoh hp
CDMA dan GSM,harga dari ke dua merek HP tersebut memiliki perbedaan akan tetapi
memiliki kesamaan yaitu untuk berkomunikasi.
· Selera
konsumen.
Apabila
selera konsumen naik maka permintaanpun akan bertambah.
· Jumlah
penduduk
Jumlah
penduduk yang semakin banyak maka akan menimbulkan permintaan yang lebih banyak
pula
2. Penawaran
Penawaran
adalah keinginan penjual untuk dapat menjual barangnya dengan haraga yang lebih
tinggi dalam priode tertentu. Adapun konsep penawaran menurut Alfred maeshall :
“ jika
harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan akan
bertambah,sebaliknya,jika harga suatu barang turun maka barang yang di tawarkan
akan berkurang”
Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
· Biaya
produksi
Biaya
produksi suatu perusahaan rendah maka jumlah barang yang dihasilkan akan
banyak dan begitu juga sebaliknya.
· Kemampuan
perusahhan berproduksi
· Harapan
perusahaan
· Ketersediaan
sumber produksi
· Jumalah
barang yang diminta oleh konsumen