twitter


    Sebelum kita memulai lebih jauh mari kita cari tau dulu apa itu "permintaan"  

1.     Permintaan

Permintaan itu ialah kesanggupan pembeli untuk membeli kebutuhan hidupnya baik dalam bentuk barang maupun jasa. Dan mau tidak mua kebutuhan sehari-hari tersebut harus terpenuhi baik itu dalam kebutuhan primer ataupun skundenya. dan apabila kita melihat hukum permintaan yang di kemukakan oleh Alfred Marshall bahwa :

“ jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang akan diminta akan berkurang. Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta kan bertambah. “

dari keterangan tersebutpun kita sudah bisa  melihat dalam kehidupan sehari-sehari masyarakat kita,dimana ketika suatu  toko swalayan mengadakan diskon habis-habisan maka orang-oarang akan berbondong-bondong untuk berbelanja.

Selain itu juga faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya:

·         Pendapatan konsumen
Apabila pendapatan seseorang naik maka orang tersebut cendrung akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhanya,dan begitu pula sebaliknya.

·         Harga barang substitusi dan komplementer
Perubahan harga barang akan tetapi barang tersebut memiliki fungsi yang sama contoh hp CDMA dan GSM,harga dari ke dua merek HP tersebut memiliki perbedaan akan tetapi memiliki kesamaan yaitu untuk berkomunikasi.

·         Selera konsumen.
Apabila selera konsumen naik maka permintaanpun akan bertambah.

·         Jumlah penduduk
Jumlah penduduk yang semakin banyak maka akan menimbulkan permintaan yang lebih banyak pula

2.     Penawaran

Penawaran adalah keinginan penjual untuk dapat menjual barangnya dengan haraga yang lebih tinggi dalam priode tertentu. Adapun konsep penawaran menurut Alfred maeshall :
“ jika harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah,sebaliknya,jika harga suatu barang turun maka barang yang di tawarkan akan berkurang”

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

·         Biaya produksi
Biaya produksi suatu perusahaan rendah maka jumlah barang yang dihasilkan akan banyak  dan begitu juga sebaliknya.

·         Kemampuan perusahhan berproduksi
·         Harapan perusahaan
·         Ketersediaan sumber produksi
·         Jumalah barang yang diminta oleh konsumen

0 komentar:

Poskan Komentar