twitter




Perilaku konsumen adalah suatu proses yang menyangkut dengan keinginan seseorang untuk memilih,membeli,mencari dan memnggunakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Menurut Gerald Zaltman dan Melanie Wallendrop menjelaskan bahwa prilaku konsumen adalah tindakan-tindakan proses dan hubungan social yang dilakukan oleh individu,kelompok.dan organisasi dalam mendapatkan,menggunakan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamanya dengan produk,pelayanan dan sumber-sumber lainya.

Di dalam perilaku konsumen ada dua wujud :

·          Personal consumer yaitu konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa untuk keperluan pribadinya sendiri
·         Organizational consumer yaitu konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa untuk keperluan kelompok atau orang banyak.

Adapun factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

1)    Factor social

·         Group
·         Family influence
·         Roles and status

2)    Factor personal
·         Economic situation
·         Lifestyle
·         Personality and self concept
·         Occupation

Menurut Handi Irawan konsumen di Indonesia di bagi dalam 10 katagori :

·         Berfikir jangka pendek,ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat atau yang disebut juga instan.
·         Karena sering  berkumpul (bersosialisasi) sama teman ataupun rekan kerja.
·         Tidak terencana,konsumen kita tidak teliti dalam membeli suatu produk.
·         Gagap teknologi (gaptek),orang indonesia kebanyakan tidak mengusai teknologi terbaru dan cendrung menggunakan fitur-fitur yang umum digunakan.
·         Orang Indonesia suka lebih bangga memakai produk luar negeri di bandingkan produk negerinya sendiri.
·         Isu agama,di Indonesia sangat peduli terhadap isu agama. Inilah salah satu karakter khas konsumen Indonesia yang percaya pada ajaran agamanya.
·         gengsi , orang Indonesia biasanya gengsi kalau tidak mempunyai barang yang lagi tren di masyarakat.
·         budaya lokal meskipun orang Indonesia  gengsi memakai produk sendriri akan tetapi unsur fanatisme kedaerahannya cukup tinggi.
·         Kurang peduli pada lingkungan (low consciousness towards environment).

0 komentar:

Poskan Komentar