Apa stuktur pasar ???
Stuktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan. Pada analisa ekonomi pasar dibedakan menjadi :
· Pasar persaingan sempurna
· Pasar persaingan tidak sempurna
Kita akan bahas yang pertama yaitu,
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah setuktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu < dibandingkan output industrinya sendiri,sehingga tidak bias mempengaruhi harga produk.
Cirri-ciri dari pasar persaingan sempurna :
· Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
· Produk/barang yang diperdagangkan serba sama.
· Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
· Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
· Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam proses pembentukan harga.
· Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (proses tawar menawar)
Contoh pasar persaingan sempurna ,Pasar tanah abang dan pasar-pasar lainya yang menjual sembako.
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a) Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah stuktur pasar yang di tandai oleh adanya seorang produsen tunggal ,bebas menentukan harga produk dan jumlah outputnya.
Cirri-ciri pasar monolpoli adalah :
· Produk yang di hasilkan tidak ada barang substitusinya (barang pengganti).
· Adanya penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.
· Tidak ada pengusaha lain yang menjadi saingan karena habatan kualitas perusahaanya.
· Dapat mempengaruhi penentuan harga.
· Peromosi iklan tidak perlu dilakukan.
· Pemerintah ikut campur dalam penentuan harga.
b) Pasar Monopolistik
Pasar monopolistic adalah Persaingan monopolistik, adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1. Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2. Barangnya bersifat berbeda corak.
3. Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
4. Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri.
5. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga.
1. Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2. Barangnya bersifat berbeda corak.
3. Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
4. Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri.
5. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga.
Contoh pasar monolpolistik, produk sabun yang memiliki keunggulan misalnya untuk kecantikan, kesehatan dan lain-lain.
c) Pasar Oligopoli
Oligopoli, adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.
Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
1. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
2. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
3. Adanya ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk.
4. Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah dan ada kalanya sangat tangguh.
5. Perusahaan – perusahaan baru sangat sulit untuk masuk ke pasar Oligopoli.
1. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
2. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
3. Adanya ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk.
4. Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah dan ada kalanya sangat tangguh.
5. Perusahaan – perusahaan baru sangat sulit untuk masuk ke pasar Oligopoli.