twitter



Disusun oleh :

Nama : Solihat
NPM  : 16110642
Kelas : 3KA08

SISTEM INFORMASI
UNIVESITAS GUNADARMA
PTA 2012/2013


BAB I

PENDAHULUAN

             A.    Latar Belakang

Seiring dengan berlalunya zaman, teknologi dan media telekomunikasi telah berkembang sangat pesat. Mulai dari internet, antenna bola, smartpone, tablet, dan alat canggih lainya. Di era globalisasi sekerang ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking secara global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. karena internet merupakan jaringan komputer dalam skala internasional.

Penggunaan internet yang kian meluas di Indonesia tentu merupakan berita baik namun dibalik itu dampak negatif pun juga mengancam sehingga untuk itu para orang tua perlu untuk menanamkan beberapa pemahaman kepada anak sisi positif dan negatif dari internet.  Beberapa  orang tua bahkan ada yang melarang penggunaan internet oleh anak mereka.

             B. Identifikasi Masalah

Sebagai rasa wujud syukur kita terhadap Allah SWT, adalah dengan cara menggunakan internet sebaik-baiknya,karena memang tidak dipungkiri lagi dengan adanya internet bisa memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi tentang dunia sekitar yang dibutuhkan dan berguna. Namun tidak disangkal pula internet juga mempunyai dampak negative yang sangat besar dan bahkan bisa meracuni pola pikir kita,terutama dikalangan anak-anak. Beberapa diantaranya yaitu dengan membuka situs-situs porno, chating yang tak kenal batas dan waktu,menjalin cinta lewat facebook dan lain sebaginya. Oleh karena itu kecemasan orangtua ketika membiarkan anak anaknya menggunakan internet tidak bisa dihilangkan dikarenakan internet bersifat sangat terbuka dan belum tentu anak anak mendapat hal hal positif dari internet.

C.  Penegasan Masalah
Ruang lingkup penulisan makalah ini adalah mencakup pengaruh atau dampak internet terhadap penggunanya. Dampak yang ditimbulkan oleh internet terhadap remaja dapat bersifat positip dan dapat bersifat negatip. Antisipasi perlu dilakukan agar para remaja tidak kecanduan internet.

D.   Batasan Masalah
Untuk menghindari pembahasan yang melebar, maka masalah yang dibahas penulis adalah hanya pada masalah plus minus internet pada remaja dan anak-anak.

E.  Rumusan Masalah
·        Apa dampak positif dan negative internet ?
·        Bagaimana cara agar kita cerdas dalam memanfaatkan internet?

                  F. Tujuan Penulisakan ilmiah
1.    Menambah pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya termasuk bagi para remaja.
2.    Menambah pengetahuan tentang dampak positip dan negatip internet bagi remaja.
3.    Menambah pengetahuan Apa yang harus dilakukan remaja agar agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negative.

    G. Manfaat Penelitian
            agar dapat membantu para orang tua dalam menjaga anaknya karena disinilah peran aktif orang tua, yaitu memperkuat filter pada diri anak. Keimanan pada Allah swt,  menjadi filter utama,  namun  penanaman  nilai-nilai  luhur  pada  diri  anak  juga  sangat diperlukan. Penanaman nilai moralitas harus telah menjadi kebiasaan sehingga tertanam dengan baik pada diri anak.






BAB II
A.    LANDASAN TEORI

1.    Pengertian Internet

Pengertian Internet, internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet.

Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna.

2.      Jenis-Jenis Damapak Positif Dan negative Internet

1)    Dampak positif atau manfaat Internet Bagi Remaja 

a)    Manfaat Umum
Banyak sekali manfaat yang ada pada internet bahkan berdasarkan suvey di Amerika Serikat membuktikan jika berselancar di dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja. Digital Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil membuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan orang tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan anggapan para orangtua yang menyatakan bermain internet hanya membuang waktu saja.

b)    Manfaat Internet Dalam Pendidikan
Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata karena mungkin bagi sebagian orang waktu sangatlah penting,karena apabila mereka mencari di perpustakaan akan banyak menghabiskan waktu. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan dengan cepat dan tepet. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu para siswa untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh sang Guru kepada mereka.

2)    Dampak Negatif 

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui telepon selular dimanapun kita berada, atau jika tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “warnet”, dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, para remaja tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila.
Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh. Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah, namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau mendapatkan informasi.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

3.    Cerdas Dalam Memanfaatkan Internet

Internet,sebagaimana yang kita ketahui bersma, internet berfungsi sebagai media iformasi dan komunikasi bagi manusia hamper diseluruh dunia, maka kita harus pandai-pandai dalam memanfaatkan internet, misalkanya tidak boleh melalikan waktu di depan internet, contoh banyak sekali remaja yang datang ke sebuah warnet untuk bermain game online, hingga berhari-hari. Tidak melakukan chatting yang tanpa mengenal batas waktu.

Ada beberpa hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan fasilitas internet :
Ø  Gunakan Internet untuk hal yang bermanfaat
Waktu adalah nikmat yang sangat besar,akan tetapi banyak remaja ataupun orang yang menyia-nyiakan waktu tersebut. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif dan bermnfaat.
Ø  Menjaga pandangan mata
Dalam dunia internet tidak akan bisa lepas dari gambar-gambar yang haram untuk dilihat,seperti gambar wanita yang auratnya terbuka,bahkan ada yang sampai telanjang. Oleh karena itu sudah diharuskan bagi kita untuk menjaga pandangan mata agar kita tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak di inginkan.
Ø  Senantiasa merasa dalam pengawasan Allah swt
Inilah hal yang sangat penting bagi kita saat berada di dunia maya,yaitu menghindarkan hati agar senantiasa merasa diawasi oleh Allah SWT.

B.    Hipotesis Awal

Kita sebagai seorsng remaja hendaklah berhati-hati dalam menggunkan internet. Internet ibaratkan pedang bermata dua,bisa jadi dengan adanya internet kita bisa menjadi pintar karena memnafaatkan internet dengan baik, dan sebaliknya kita bisa menjadi bodoh karena selalu mengikuti hawa nafsu yang ada pada diri kita dan membawanya kepada hal-hal yang negative.

BAB III

PENUTUP
A.    Kesimpulan

Dilema penggunaan internet untuk remaja muncul akibat dari sifat media yang  satu  ini  memiliki  sifat  super  terbuka dimana  setiap  orang  tanpa pandang  bulu  yang  telah  terkoneksi  dengan  internet  dapat  dengan  bebas mengakses informasi di dalamnya.  Sehingga filter yang ada bertumpu pada individu masing-masing. Di titik inilah orang tua  harus berperan aktif, yaitu memperkuat filter pada diri anak. Keimanan pada Allah swt,  menjadi filter utama,  namun  penanaman  nilai-nilai  luhur  pada  diri  reamaja  juga  sangat diperlukan. Penanaman nilai moralitas harus telah menjadi kebiasaan sehingga tertanam dengan baik pada diri anak.

B.    Saran

Sabaiknya orang tua harus selalu mengecek riwayat (history) dan cookies website yang mereka kunjungi dari web browser tersebut, sehingga orangtua tidak dapat mengetahui situs apa saja yang telah diakses oleh anak-anaknya.


Daftra Pustaka :


http://www.aalil.com/pengertian-internet.html
http://mengutipilmu.blogspot.com/2012/11/makalah-dampak-positip-dan-negatip.html
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20094/5/Chapter%20I.pdfnegatip.html


1 komentar:

  1. Nice Info Blogwalking Gan...
    http://mengutipilmu.blogspot.com/

Poskan Komentar