twitter



Disunatkan buat orang muslim yang balig dan berakal  (tidak gila) untuk melaksanakan sholat tasbih. Dan kita tidak boleh sampai tidak pernah mengerjakan solat tasbih,minimal antara satu minggu sekali atau satu bulan sekali atau satu tahun sekali. Barang siapa yang meninggalkan solat tasbih berarti orang itu telah mengentengkan soal agama.sholat tasbih terdiri dari 4 roka’at. Apabila kita mengerjakanya di waktu malam lebih baik yang empat roka’a itu dikerjakan dua roka’at-dua roka’at dan apabila siang hari langsung empat roka’at.
Tata cara solat tasbih :
1.        Niat
“ushallii sunnata tasbiihi rak’atiin adaa an lillaahi ta’aalaa”
2.       Lalu membaca do’a iftitah Lalu membaca surat alfatihah
Pada roka’at :
·         pertama setelah membaca surat alfatihah lalu membaca surat attakasur
·         kedua setelah membaca surat alfatihah lalu membaca surat al-assr.
·         Ketiga setelah membaca surat alfatihah lalu membaca surat al-kafirun
·         Keempat setelah membaca surat alfatihah lalu membaca surat al-ikhlas.
3.       Setelah membaca surat al-fatihah dan surat yang tadi disebutkan di atas kita tidak boleh langsung ruku’u tetapi membaca tasbih (sunhanallahi walhamdullillahi walaa ilahha illallohu wallohu akbar). Sebanyak 15 kali.
4.       Lalu ruku’u membaca subhaana robbiyal a’dzimi waabihamdihi sebanyak 3 kali diteruskan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
5.       Lalu I’tidal dan do’anya.
6.       Lalu sujud membaca subhaana robiyal a’laa waabihamdihi sebanyak 3 kali diteruskan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
7.       Lalu duduk diantara sujud dua dan do’a nya diteruskan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
8.       Lalu setelah sujud yang kedua kita tidak boleh langsung berdiri tetapi membaca tasbih dulu sebanyak 10 kali,
9.       910.  Lalu lanjutkan hal yang  di atas sampai roka’at yang keempat dan sebelum salam kita membaca do’a dulu yang isi seperti ini :
allahuma innii as aluka taupiiqa ahlilhhudaa wa’amaala ahhliilyaqiin wamunaashihata ahhliltaubati wa’ajma ahhlilshabri wajzidda ahhliilkhasyati wattolaba ahhlirru’bati wata’abbuda  ahhlilwara’I wa’irfaana ahhlili’lmi hattaa akhoofaka. Allahuma inni as asluka mukhaafatan tahjzujunii a’n ma’aa shiika hattaa a’mala bittoa’tika a’amalan asstahiqqu bihhiridooka wahattaa unaashihaka bittaubati khaufaan minka wahatta akhlusso lakannasiihata hayaa an minka wahatta attawakala a’laika fiimiuurihasna dzonniin bika subhaana khaaliqinnaarr.


wallohu a'lam. .

0 komentar:

Posting Komentar