twitter



Grafik = gambar sedangkan citra = gamba juga,nah dari sini mari kita teliti satu-persatu. Grafik selalu identik dengan gambar yang berbentuk garis contoh seperti gambar kubus,balok,dll nah sedangkan citra dia gambar yang dibentuk dari hasil jepretan sebuah kamera atau yang sering kita sebut dengan photo,untuk mengolah gambar yang berbeda ini tentu dengan aplikasi yang berbeda pula kalau misalkan untuk mengolah grafik kita menggunakan salahsatunya aplikasi corel daraw dan kalau untuk pengolahan citra kita menggunakan adobe photosop. Okee gimana sampai sini apakan kalian sudah mengerti.
Sekarang kita lanjutkan ke manfaat kedua aplikasi diatas dalam kehidupan sehari-hari :
Pemanfaatan garafik computer di dunia hiburan berperan sangatlah penting apalagi dizaman sekarang yang teknologinya semakin canggih contoh dalam game GTA IV dan film toy story 1-3 yang hasil grafiknya betul-betul sangat bagus dan mirip dengan keadaan yang aslinya. Mungkin kalau dulu membuat sebuah film animasi itu dibuat dengan gambar tangan yang dibuat sebanyak mungkin sehingga bisa terlihat seperti bergerak. film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafik komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.
Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.
Borland C++ Builder menyediakan beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata.
Contoh gambar : 

 film toy story
game GTA IV








Untuk contoh pengolahan citra dalam bidang kesehatan seperti photo rontgen dimana dokter bisa mengetahui penyakit yang di derita si pasien,contohnya  penyakit paru-paru dengan hasil rontgen tersebut bisa di kethhui bahwa si pasien menderita paru-paru basah itu bisa di lihat dari keadaan paru-parunya yang tidak sempurna dengan hasil photo rontgen tersebut dokter bisa langsung mengambil tindakan dengan cepat dan tepat untuk dapat menyembuhkna penyakit yang diderita si pasien tersebut.
Contoh gambar :

 dari gambar di samping kita bisa melihat keadaan paru-paru sebelah kiri dari kita,tampak samar karena didalam paru-paru tersebut terdapat cairan sehinnga membuat pernafasan si pasien menjadi terganggu.

Dan masih banayak lagi manfaat-manfaat yang diberikan oleh aplikasi-aplikasi tersebut,seperti bidang visual yaitu pemotretan melalui satelit gps,lalu dalam bidang fotografi seperti memberikan efek hitam putih,dll




sumber :



0 komentar:

Poskan Komentar